Beberapa Tanda Kehamilan yang Kerap Tidak Disadari

Petunjuk kehamilan dapat dibagi menjadi dua, yaitu pertanda kehamilan pasti dan Tanda tanda hamil tak pasti.

Pada pertanda kehamilan pasti atau pertanda yang objektif, hal-hal yang dapat nampak atau terasa antara lain:
- Terasa komponen janin serta gerak bayi dalam kandungan pada dikala dilakukan perabaan.
- Terdengar suara jantung janin pada saat dilaksanakan auskultasi.
- Nampak gambaran bayi dalam kandungan pada saat dilaksanakan USG atau scanning.

Selain petunjuk-tanda di atas, terdapat juga beragam tanda yang adalah petunjuk kehamilan tidak pasti, yang kehadirannya sering hadir tanpa disadari para calon ibu. Apa saja?

1. Perubahan pada payudara
Perubahan hormon pada awal kehamilan bisa membikin payudara terasa lebih pesat dan lebih peka. Puting payudara akan terlihat berubah warna menjadi lebih gelap dan bentuknya jadi lebih menonjol.

2. Pusing dan cepat lelah
Pada awal masa kehamilan, wanita hamil kerap kali merasa kencang lelah tanpa sebab yang jelas. Hal ini terjadi pengaruh hormon progesteron pada kehamilan dan perubahan pada aliran darah, serta metabolisme tubuh wanita hamil.

3. Mual dan muntah
Gejala ini lazim terjadi, terlebih pada tiga bulan awal kehamilan. Mual dan muntah yang terjadi pada kehamilan disebabkan oleh peningkatan hormon hCG yang biasanya terjadi pada awal kehamilan (pekan ke-6 hingga minggu ke-8, puncaknya pada minggu ke-12 hingga minggu ke-14, dan membaik pada minggu ke-22) hingga tubuh perempuan hamil menyesuaikan diri dengan peningkatan produksi hormonal.

Mual dan muntah dapat terjadi sepanjang hari. Keadaan ini dapat memburuk pada pagi hari sebab keadaan perut yang kosong atau apabila Bunda mengandung tidak makan dalam porsi yang cukup.

4. Lebih sering kali buang air kecil
Perubahan pada awal kehamilan menyebabkan gejala ini. Pada tahap selanjutnya, terpenting pada trimester 2 dan 3 kehamilan, gejala sering berkemih ini disebabkan oleh pembesaran rahim yang terletak di belakang kandung kemih.

5. Konstipasi
Hormon kehamilan menyebabkan otot pada saluran cerna menjadi lebih relaks, sehingga makanan berada lebih lama pada saluran cerna. Alhasil, perembesan cairan dari makanan di dalam usus meningkat, sehingga konsistensi feses menjadi lebih keras. perempuan mengandung dapat menyiasati keluhan ini dengan minum cairan yang cukup serta meningkatkan konsumsi makanan yang tinggi akan serat.

Dengan mengenali berjenis-jenis tanda kehamilan, Anda diharapkan bisa lebih gampang mendeteksi kemungkinan kehamilan lebih awal. Untuk mempertimbangkan apakah kehamilan benar-benar terjadi, lakukan pemeriksaan walaupun terdapat tanda-pertanda kehamilan tidak pasti.